Uang teman atau pinjam uang bank

Pilih Pinjam Uang Teman atau Ke Bank

Uang teman menjadi salah satu pilihan yang bisa diambil ketika kamu membutuhkan uang. Seperti yang diketahui manusia merupakan makhluk sosial serta makhluk yang memerlukan orang lain agar dapat bertahan hidup.

Hal ini juga termasuk ketika kamu datang meminjam uang kepada teman. Bantuan yang sering masuk akal ialah meminjam uang. Ketika membutuhkan dana, kamu bisa memilih, memilih meminjam uang ke bank atau meminjam uang di bank.

Ketika dihadapkan pada pilihan meminjam uang di bank atau meminjam uang pada teman. Mana yang akan kamu jadikan sebagai pilihan.

Baca juga: Daftar Kode Bank yang Ada di Seluruh Indonesia

Keuntungan Meminjam Uang Teman yang Harus Diketahui

Dibandingkan dengan meminjam uang di bank, berikut berbagai macam keuntungan meminjam uang melalui teman, antara lain.

  1. Mempererat hubungan pertemanan

Ketika kita sedang dilanda kesulitan dan ada teman yang mau membantu. Apalagi dalam hal keuangan, tentu saja akan sangat menyenangkan.

Memang, uang yang dipinjam dari teman harus tetap dikembalikan. Namun hal tersebut dapat membuat hubungan menjadi semakin erat.

  1. Bisa merasakan kepuasan pribadi.

Melakukan pinjaman uang teman tentu saja bisa merasakan kesenangan pribadi. Kesenangan karena kita merasa seperti lebih diperhatikan dan ada orang yang bisa berbagi ketika masa sulit tiba.

Ketika mengembalikan uang tersebut, kamu juga bisa mendapatkan kepuasan pribadi, karena sudah berhasil bertanggungjawab pada uang milik temanmu.

  1. Pinjaman tidak menggunakan bunga

Uang teman menjadi solusi keuangan yang tepat karena ketika kamu melakukan pinjaman, kamu tidak perlu menggunakan bunga. Berbeda ketika meminjam uang di bank, ketika meminjam uang di bank, kamu harus membayar bunga.

Meminjam uang pada teman menjadi sebuah solusi. Namun ketika kamu meminjam uang pada teman dalam waktu yang lama, tentu saja nilai uang akan mengalami inflasi.

  1. Waktu pengembalian bisa berubah-ubah

Ketika meminjam uang di bank. Waktu pengembalian uang tidak bisa berubah. Waktu pengembalian uang akan terjadwal di tanggal tersebut. Berbeda ketika meminjam uang pada teman.

Ketika tidak canggung mengembalikan, kamu bisa meminta jangka waktu. Bahkan, ketika waktu pengembalian tidak sesuai, kamu tidak akan dikenai denda sehingga dana yang kamu kembalikan akan tetap sama jumlahnya.

  1. Tidak perlu menggunakan jaminan

Ketika meminjam melalui teman kamu tidak perlu menyiapkan sejumlah jaminan. Beda saat meminjam uang ke bank, karena harus menyiapkan sejumlah jaminan.

Baca juga: 7 Aplikasi Penghasil Uang Terbaik dan Paling Menguntungkan

Pertimbangkan Hal ini saat Pinjam Uang Teman

Meskipun memiliki berbagai macam kelebihan, namun meminjam uang pada teman juga memiliki risiko. Berikut berbagai macam risiko pinjam uang pada teman, antara lain:

  1. Tidak memiliki kontrak yang jelas

Saat meminjam uang, kamu pasti tidak akan mengisi kontrak dengan jelas. Oleh sebab itu, meminjam uang pada teman memiliki berbagai macam risiko. Bahkan risiko merugikan kedua belah pihak.

Bahkan, walaupun kedua belah pihak telah menyepakati berbagai macam poin perjanjian seperti bunga, metode pembayaran serta lainnya, kamu bisa melanggar kesepakatan tersebut.

  1. Bisa lupa jika memiliki hutang

Ketika meminjam uang kepada teman, kamu memang akan diberikan kemudahan karena lebih nyaman. Bukan hanya karena mereka merupakan orang yang kamu kenal. Namun meminjam uang pada teman tidak membutuhkan syarat menyusahkan.

Ini sebenarnya menjadi sebuah inti masalah, karena meminjam uang pada teman tidak memiliki siat resmi, pelunasannya bukan menjadi prioritas utama. Kamu mungkin tidak merasa hal tersebut penting, namun dapat mempengaruhi kepercayaan temanmu.

Jika kamu beranggapan kamu dapat menunda pembayaran, kamu akan semakin lama melunasi pinjaman tersebut. Tentu kamu akan dianggap sebagai orang yang tidak dapat dipercaya.

  1. Mendadak minta pengembalian dana

Karena tidak ada perjanjian yang jelas. Tentu saja uang yang kamu pinjam bisa diminta kapanpun mereka ingini. bila dana yang digunakan untuk mengembalikan ada.

Tentu bukan menjadi sebuah masalah, namun jika tidak ada tentu menjadi masalah. Bila sudah diminta, mau tidak mau kamu harus mengembalikan uang tersebut. Jika hal seperti ini terjadi, hal ini tentu akan merepotkanmu.

  1. Terdapat beban moral tersendiri

Ketika kamu meminjam uang kepada teman, mungkin kamu akan mendapatkan keuntungan seperti tidak perlu membayar bunga dan tanpa jaminan, namun tentu kamu akan memiliki beban moral tersendiri.

Keuntungan Meminjam Uang di Bank

Berlawanan dari uang teman, kamu bisa meminjam uang di bank atau layanan Fintech. Berikut berbagai macam keuntungan meminjam uang di perbankan, antara lain:

  1. Ada berbagai macam varian produk yang bisa dijadikan sebagai pilihan

Kelebihan meminjam uang di bank pertama ialah ada berbagai macam pilihan produk. Bahkan sekarang ini bank memiliki produk seperti uang teman yakni meminjam tanpa perlu menggunakan jaminan.

Berbagai macam produk dari bank seperti pinjaman untuk kredit kendaraan, pinjaman tanpa agunan, pinjaman rumah dan berbagai macam jenis pinjaman lain.

  1. Jauh lebih aman

Meminjam uang di bank jauh lebih aman, karena proses pinjaman yang kamu lakukan sudah diatur oleh OJK. Inilah mengapa ketika melakukan pinjaman ke bank, pihak bank harus melakukan proses BI Checking terlebih dulu.

Kamu juga tidak perlu khawatir dengan agunan yang kamu masukkan ke dalam bank. Karena, bank akan menjaga agunan hingga proses pinjaman berakhir.

  1. Ada di mana-mana

Ada di mana-mana di sini ialah, bank ada dimana-mana bahkan di daerah yang pelosok sekalipun. Hal ini tentu bisa membuat kamu tidak kerepotan. Kamu hanya perlu mendatangi bank cabang yang lokasinya dekat dengan rumahmu.

  1. Perhitungan bunga jelas

Ketika meminjam uang teman, memang tidak ada bunga. Namun akan lebih baik jika kamu menggunakan pinjaman dari bank karena perhitungan bunganya sangat jelas.

Jika kamu ingin mengajukan pinjaman dan membutuhkan perhitungan yang jelas, kamu bisa mengetahui metode serta perhitungan awal ketika pinjaman terebut cair.

Pilih Uang Teman atau Pinjam Uang di Bank

Ketika dihadapkan pada pilihan memilih meminjam uang ke bank atau menggunakan uang teman, pasti kamu akan bingung bukan. Jika nilai pinjaman yang kamu butuhkan kecil seperti Rp 1 jutaan, kamu bisa meminjam melalui teman.

Meminjam uang pada teman dengan jumlah yang kecil tentu saja masa pengembaliannya akan lebih cepat. Berbeda ketika meminjam uang pada teman dalam jumlah yang besar.

Selain itu ketika meminjam uang pada teman, kamu harus berkomitmen mampu untuk mengembalikanya. Jangan sampai hubunganmu dengan teman menjadi berantakan.

Pinjam uang lewat teman bisa dilakukan ketika sedang dalam keadaan mendesak, contohnya ketika kamu ingin bermain game di situs judi online, namun tidak ada deposit, kamu bisa meminjamnya. Dengan harapan lewat kemenangan yang di dapatkan, hutang itu bisa segera terlunasi.

Tetapi, jika uang yang dibutuhkan untuk untuk mencukupi kebutuhanmu banyak. Seperti hingga belasan juta, puluhan juta bahkan ratusan juta, akan lebih baik kamu memilih meminjam uang di bank.

Meminjam uang pada teman memang memiliki kelebihan dan kejurangan tersendiri. Tinggal kamu yang menentukan memilih menggunakan uang milik teman atau pinjaman bank.